Friday, January 30, 2009

SHAHABAT IDEAL,, KAYA’ APA SIIIH???


Mencari teman itu bisa dibilang mudah, tapi untuk mencari teman yang bisa membimbing dan mendukung kita ke arah yang benar,mungkin itu cukup sulit.
Temen saya banyak bahkan sangat banyak…tapi shahabat saya Cuma beberapa (shahabat ideal).
Why? Mengapa? Loch koq bisa siih?
Bisa dunk! Karena seorang shahabat bukan hanya berperan sebagai teman sepermainan, teman curhat, atau teman yang enak diajak ngobrol ajah.
Tapi, kedudukan seorang teman harus lebih baik dari itu, minimal seorang shahabat ideal itu harus punya empat macam karakteristik, antara lain:

1. Shahabat yang bisa mengkritik
Mengkritik disini bukan untuk menjatuhkan kita loch. Tapi justru shahabat kita sayang ama kita dan ga’ mau membiarkan kita itu jatuh dan terjerumus apalagi terperosok ke dalam jurang kesesatan. Masak iya sih shahabat kita tega melihat kita jatuh??
Tauuu ga’? shahabat yang baik itu adalah orang yang bisa mengkritik kita di waktu kita berbuat kesalahan.

2. Always beside me
Yang kedua adalah selalu menemani kita di saat susah ataupun senang. Yapz! Itulah shahabat kita. Hadir untuk mendengar curahatan kita, memberi saran. Tidak hanya hadir ketika kita senang ajah tapi di kala kita ada musibah, dia juga mendukung kita.

3. Bisa memotivasi kita untuk beribadah
Nabi pernah bersabda: “khoirunnas (manusia terbaik)adalah orang yang ketika kita melihatnya saja, kita termotivasi untuk beribadah.”
Jika kita punya teman seperti sabda Nabi tersebut maka kita akan terjaga dari berbuat maksiat serta terinspirasi untuk berbuat kebaikan.

4. Siap Dikritik!
Itu yang namanya shahabat baik, dia ga’ hanya berani mengkritik saja, tapi dia juga mampu menerima kritikan dari kita.
Seperti firman Allah SWT dalam Q.S. Al Asr: ” … dan yang saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran.”

Nah,, udah tau kan kriteria shahabat-shahabat ideal itu seperti apa.
Sebuah persahabatan akan lebih indah apabila dijalin dan didasari karena Allah, insyAllah persahabatan yang tidak akan putus sampai akhirat. Aamiin.



Nabi SAW bersabda “jika kita berteman dengan penjual minyak wangi maka kita juga akan terkena bau harumnya dan jika kita berteman dengan pandai besi maka kita juga akan terkena panasnya.”

Carilah teman ideal yang betul-betul ideal menurut pandangan Allah.
Wallahu a’lam bish showab

No comments:

Post a Comment