Friday, June 22, 2012

#PanenRaya bersama BdgBerkebun

Salam Berkebun!
Digali..Ditanam..Disiram……. dan akhirnya PANEN!! J

Hai temans-temans.. kali ini saya akan berbagi cerita mengenai #PanenRaya bersama BdgBerkebun ^^
*semoga kalian ga bosen yah baca tulisan saya hehe*

Bandung Belajar  Berkebun (BBB) adalah sebuah kegiatan yang diselenggarakan BdgBerkebun setiap hari Minggu dengan tujuan berbagi ilmu pengetahuan tentang berkebun dan juga untuk mengembangkan jaringan penggiat-penggiat BdgBerkebun. Program BBB ini berlangsung selama 7 pekan dan di setiap pertemuannya diisi materi mengenai pengetahuan berkebun yang disampaikan oleh narasumber dan penggiat-penggiat BdgBerkebun itu sendiri. Penyampaian materi dilakukan melalui experiential learning yakni praktek langsung di lapangan dan dilanjutkan dengan diskusi pada lahan kebun yang telah disediakan.

Pemberian materi ini dilakukan secara bertahap setiap pekannya.
Dimulai dari 6 Mei 2012 yang berupa pengolah tanah dan penyemaian benih kangkung, pakcoy & caisin. Kemudian dilanjutkan pada pekan kedua, 13 Mei 2012 yaitu materi tentang kesuburan tanah dan composting. Pada minggu ketiga, 20 Mei 2012 materi tentang pemindahan bibit dan nutrisi untuk tanaman. Selanjutnya pada minggu keempat, 27 Mei 2012 berupa pemindahan bibit dan pengendalian hama dan penyakit terpadu. Minggu kelima, 3 Juni 2012 ada sharing tentang BdgBerkebun dan Vertical Farming. Pada minggu keenam, 10 Juni 2012 merupakan persiapan panen dan pembuatan Vertical Farming. Minggu ketujuh, 17 Juni 2012 yang merupakan pekan terakhir dari kegiatan BBB dan saatnya untuk PANEN RAYA.
-Pakcoy siap panen-
Alhamdulillah akhirnya panen juga sodara-sodara setelah penantian selama 7 pekan! J

-Kelompok 5-
-Kelompok 2-
Panen raya merupakan akhir dan sekaligus puncak dari kegiatan BBB dimana peserta yang akan menyelenggarakan acara mulai dari penyusunan konsep hingga teknis acara dengan tujuan mempererat tali kekeluargaan dalam BdgBerkebun.
-Kelompok 1-
-Kelompok 6-
Acara panen raya ini diawali dari lomba panen oleh 6 kelompok BBB, kemudian hasil panen yang berupa kangkung dan pakcoy ditimbang dulu oleh panitia. 

-Penimbangan Hasil Panen (kayak di Pasar yah :p)-
-Sortir Hasil Panen ( Pemisahan dan pemilihan kangkung&Pakcoy yang bagus-bagus)-
Bagi kelompok yang bobot sayurnya paling berat akan mendapat hadiah begitu juga yang bobotnya kurang berat akan mendapat kejutan spesial juga.

-Perwakilan tiap kelompok yang mendapat bingkisan dan kalung petai hehe-
Tapi, sebelum panen ada ice breaking dulu yang dipandu oleh kakak Asep agar peserta dan penggiat semangatnya membara hehe...
-ice breaking-

Setelah itu, memasak hasil panen  dan ngaliweut bareng yang dipawangi oleh Bi Nyai, Kang Denata (peserta BBB) dan Kang Irfan (delegasi dari Redsdipo/ Sindikat Kuliner) serta dibantu peserta BBB yang  kemudian dilanjutkan makan bersama di atas hamparan daun pisang.
-Bu Inne w/ Bi Nyai (sang koki liweut)
-Chef As hehe-
-Kang Irfan (Delegasi Sindikat Kuliner) & Kang Ai-
ibu-ibu sedang memotong sayuran untuk dimasak :D
-Makan bersama, terasa sekali kekeluargaannya-
Selain untuk dimasak bersama, hasil panen akan diberikan ke tetangga sekitar kebun sebagai bentuk apresiasi terhadap bantuan tetangga ke BdgBerkebun setiap pekan. Acara ini juga didukung oleh Sindikat Kuliner (komunitas pengusaha kuliner di Bandung) dengan membeli secara simbolis sebagian  hasil panen untuk digunakan pada tempat usahanya masing-masing.
-Penjualan secara simbolis hasil panen BBB ke Sindikat Kuliner-
Oia, tak ketinggalan ada nominasi untuk para penggiat dan peserta "Ter.............."

-Para Penggiat dan Peserta "Ter................."
Panen raya ini diselenggarakan dengan tujuan merayakan kerja keras penggiat dan peserta berkebun serta pendukungnya selama 7 pekan tanpa melupakan bahwa hasilnya dapat dinikmati bersama dan bisa berbagi dengan masyarakat sekitar. 

Ucapan syukur yang tak henti kepada Sang Kuasa, kebahagiaan dan hangatnya kekeluargaan menyelimuti setiap penggiat dan peserta BBB. SERU! SEMANGAT! KEREN! TERHARU! Semua rasa tercampur jadi satu ibarat pengolahan tanah dan kompos yang  takarannya pas hingga menghasilkan hasil yang RUARR BIASA.

*Foto dokumentasi taken from @BdgBerkebun
**See more photos : BdgBerkebun1 dan BdgBerkebun2

From BdgBerkebun With Love J

No comments:

Post a Comment