Wednesday, September 21, 2011

Dilematika Seorang Akhwat Menghadapi Hari-H Pernikahannya

Salam ^_^

Loh..kun, kamu mau nikah? atau udah nikah??
Pasti pada bertanya2 kalo aku posting tentang beginian (iya nggak?) :p
Sebenernya udah pengen nulis tentang ini dari lama tapi baru sempet sekarang :D

oke guys..
Meskipun aku belum tau kapan "waktu itu datang untukku" tapi sejujurnya kepikiran hal-hal seperti ini sudah lama bahkan semenjak SMA sudah terbersit hehe
Bukan apa-apa, atau aku dibilang "kebelet nikah" tapi ya memang hal ini PENTING meskipun kadang ada yang menganggapnya kan masih nanti, kan itu bisa diatur ntar..bukannya aku mau ribet juga sih tapi mengingat hal-hal semacam ini memang ga bisa instan juga :D *apa sih*

Nah, hal yg ternyata menjadi DILEMATIKA buat seorang akhwat ketika menghadapi Hari-H Pernikahannya. Dilematika ini maksudnya keteguhan hatinya untuk tetap berpegang teguh sesuai syariat atau mengikuti adat yang "dipaksa" oleh ortunya dan sesepuhnya.

emang masih ada ya hal2 seperti itu? ooo..tentu masih ada donks hal2 seperti itu, jadilah pasti si akhwat mengalami DILEMATIKA HEBAT & KEGALAUAN DAHSYAT.
Ternyata kalo didetail sebenernya cukup banyak juga yaa.. Tapi aku ga akan menulis semuanya, Ini beberapa menurut aku yg perlu diperhatikan:
  • Calon kita
Pasti jelaslah kalo menikah kudu ada calonnya dulu baru bisa nikah :p hihihi
Masalahnya #eh bukan masalah ding, tapi persoalannya hihi ada baiknya kita tuh harus sharing ama orang tua kita, seperti apa keinginan kita dan keinginan ortu.

Kenapa?
yaa,, supaya semuanya jelas.. misal kita pengen yg kayak A, B, C #eh taunya ortu kita ga setuju, mereka maunya D, E, F..

Kan ada orang tua yg pengen anaknya dapet orang yg sesuai kriteria mereka juga, misal: harus 1 agama (PASTI yg ini), 1 suku, latar belakang keluarganya harus gini dan ga boleh gitu, dan lain2 nya.
Dan pasti kita juga punya kriteria sendiri kan buat calon kita nanti, kan yang mau nikah kita bukan orang tua kita.
Enak sih kalo ortunya demokratis dan percaya sepenuhnya ke anaknya, mungkin akan lebih mudah prosesnya.

#eh tapi sekali lagi membicarakan hal2 seperti ini jauh2 hari itu perlu dan penting loh. Jadi, ketika suatu saat kita udah siap mau memperkenalkan calon kita, beliau2 ini bisa memahami kita dan kita juga ga mengecewakan mereka plus dapat restu & ridho dari ortu kita :)

*bibit, bebet, bobot yang slalu ditekankan ortu itu juga penting loh :p
  • Prosesnya
Prosesnya juga penting looh.. maksudnya proses selama kita ta'aruf harus syar'i juga perlu dipahamkan dengan baik biar tidak salah persepsi ke orang tua kita yg mungkin belum paham mengenai gimana2nya proses ta'aruf-halalnya kita nanti.

Mungkin ada ortu yg membiarkan proses ta'arufnya malah jadi pacaran :p dan bahkan mendukung hal2 seperti itu.. nah, sbg akhwat yg tidak mau hal2 itu terjadi memang ada baiknya kita sharing lagi ke ortu kita (jangan takut dan malu ya)
  • Konsep Acara
Ini nih, yang mungkin terkadang kita sebagai calon penganten susah untuk ikut campur kalo ortu kita saklek dan kaku plus bikin konsep acara sesuai adat.

Nah, terus gimana donks??
Kalo menurut aku sih, sekali lagi memang ada baiknya membicarakan hal2 spt ini jauh2 hari bahkan sebelum kita siap untuk menikah. kita PDKTin orang tua kita, pelan2 kita pahamkan karena untuk menghadapi ortu yg kaku itu ga bisa instan looh..

Diusahakan sebisa mungkin pernikahan kita jauh dari hal2 adat yang berbau kesyirikan.
  • Busana
Mengenai busana yang kita kenakan pas akad dan resepsi juga penting loh. Hal ini ternyata menjadikan para akhwat khawatir, karena mungkin ada ortu+sesepuh yang tidak mengijinkan putrinya menikah dengan jilbab yang islami (kerudung menutup dada, pakaian longgar apalagi kalo di jawa kan mesti make jarik (kain) dan kebaya yang diukurnya ngepas dgn ukuran tubuh kita shg lekuk2 tubuh kelihatan). Sediih dan dilema kan jadinya kalo seperti itu :(

Sekali lagi membicarakan hal seperti ini jg penting loh, utarakan keinginan kita ke orang tua kita dengan ahsan plus pake strategi2 yang unggul biar pas hari H sang penganten ga cemberut karena pernikahannya tidak sesuai dgn syariat :)

**Intinya dari semua itu adalah PDKT ke orang tua, utarakan keinginan dan diskusikan perbedaan smoga ada jalan keluar terbaik.
Setelah semua usaha dilakukan jangan lupa berdo'a juga ya ^^

4 comments:

  1. eheem... ihiiir mba Kun cah... The next after devi.. Amiin
    tiba2 tenggorokanku jadi serak... :p

    ReplyDelete
  2. eheeem..eheeem..
    aamiin kan saja yaa..
    "aamiin YRA"
    minum obat atuh neng :p

    ReplyDelete
  3. kurang nunggu apalagi tho mba??
    kerja udh, mw apalagi coba??

    ReplyDelete
  4. nunggu kamu yg duluan Riin :D
    yaa kurangnya kamu juga tau Rin hehehe

    ReplyDelete