Sunday, May 9, 2010

Jangan Jatuh Cinta tapi Bangunlah Cinta




Nah, ini juga hasil Talkshow tanggal 08 Mei 2010 :)
Ini materinya tentang Manajemen Cinta..
pematerinya : Ust. Darlis Fajar -penggagas dan trainer utama DAR EL-AKHIRAT-
uhuuuiii.. pasti SEMANGAT bacanya..
pesertanya aja semangat bangett.

Ibnu Qoyyim Al Jauziyah berkata "Kalo disuruh antara jatuh cinta dan tidak, maka saya akan memilih untuk tidak jatuh cinta, karena jatuh cinta itu menyakitkan."

Bener banget ya kata2 diatas tersebut, jatuh itu sakit. misalnya kalo kita jatuh saat naek motor ato jatuh dari tangga pasti sakit kan?? :)

Kata pematerinya "Jangan JATUH CINTA tapi BANGUNLAH CINTA"
Setuju banget dengan quote tersebut.. kalo kita jatuh cinta itu sudah jelas berdasarkan nafsu dan kita pasti akan terlena. tapi kalo membangun cinta itu pasti dengan kesadaran dan didasari dengan TRUST. inget ga? apa arti IMAN? IMAN itu artinya PERCAYA kan??
nah kalo membangun sebuah cinta itu harus didasari dengan kepercayaan yakni dengan keimanan kita. sehingga cinta kita nanti adalah cinta sejati karena Allah :) dan insyAllah cintanya bukan karena napsu.

Cinta itu bisa menjadi anugrah buat kita dan bisa juga menjadi fitnah (ujian) buat kita.
nah untuk itu kita perlu ada jurus pengendalian cinta dari diri kita sendiri dengan memanej cinta kita sebaik-baiknya agar tidak menjadi fitnah.

Untuk itu, kita perlu mengetahui prioritas kecintaan kita harus kita utamakan untuk siapa dulu:
1. Cinta kepada Allah swt
2. Cinta kepada Rasul saw dan Islam
3. Cinta kepada orang tua
4. Cinta sesama muslim
5. Cinta kepada manusia non muslim
6. Cinta kepada benda.

Kita memang HARUS mengutamakan dan menomor satukan cinta kita kepada Allah swt, jangan sampe kita meletakkan cinta kepada yg lainnya di nomor 1. Apalagi cinta semu ke lawan jenis yakni cinta fitnah itu.. bahkan mau ngapa2in pun yang diinget bukan Allah tapi si dia..
na'udzubillahi min dzalik :(

kata pembicara "Jangan percaya sama ajakan seorang laki-laki untuk menjalin sebuah hubungan kalo pada akhirnya dia tidak berani mengajakmu untuk menikah."
Jadi, kalo ada laki-laki yang menyatakan cinta ke wanita, sebaiknya tanya langsung ke dia, "kamu berani menikah denganku sekarang ga?" hehe
kalo dia bilang tidak ato ragu-ragu, ya udah TOLAK aja dia.. hihi :)
itu tandanya, laki-laki itu hanya memikirkan dirinya sendiri dan kita sebagai wanita hanya dijadikan bahan pelampiasan hawa nafsu yang diatasnamakan cinta oleh laki-laki itu, dan pasti kemungkinan besar wanita akan "dibuang" begitu saja oleh laki-laki ini.
Makanya, sebagai wanita rugi..rugi.. rugi.. kalo mau menerima laki2 tanpa tujuan yang jelas..

Apalagi ntar kalo udah pacaran, si wanita akan lebih rugi lagi. kenapa? karena pertama mungkin laki2 hanya minta pegang/ gandeng tangan aja, dan menuntut seterusnya ..seterusnya.. sampai ke hal-hal yang tidak diinginkan.. na'udzubillahi min dzalik :(

inget, CINTA ITU BUKAN MENUNTUT TAPI MEMBERI :)

*ada peserta yang nanya: "Gimana cara membedakan cinta kita itu nafsu ato cinta karena Allah?"
ustadz menjawab: coba dari kalian yang sekarang punya pacar, BERANI dan SIAP memutuskan pacarnya ga, setelah pulang dari sini??

dan peserta... hanya hmmmmmmm dan ketawa..
kata ust.. nah itu sudah jelas bahwa itu cinta nafsu!
kalo kalian berani memutuskan pacar kalian maka kalian telah memilih cinta sejati dan jangan takut Allah akan mengganti dengan yang lebih baik :)
PERCAYA itu!

inget juga "wanita yang baik2 untuk laki2 yang baik dan sebaliknya" Q.S. 24:26

moga kita bisa menjaga pandangan dan hati kita :)

-----------------------semoga bermanfaat----------------------

wallahu a'lam bishowab.


1 comment: